Saturday, January 4, 2020

AboLang, wujud nyata pemaksimalan produk unggulan desa

Kelompok 72 KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) resmi memperkenalkan produk unggulan desa pada Senin (23/12/2019) di salah satu rumah warga Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan .
Labuhan dikenal sebagai desa dengan potensi ikan Cakalang. Sayangnya, pemanfaatan ikan cakalang masih terbilang kurang maksimal. Hal ini terbukti dengan hasil tangkapan ikan Cakalang dari warga sekitar yang hanya sebatas ditangkap untuk langsung dijual bentuk ikan segar.
Berangkat dari sangat melimpahnya ikan Cakalang dan keresahan atas ketidakmaksimalan pemanfaatan ikan tersebut, maka kelompok KKN 72 membuat inovasi menyulap ikan Cakalang menjadi olahan abon Cakalang.
Produk unggulan berupa makanan inovasi ini didukung penuh oleh PKK dan perangkat desa setempat.
"Sebenarnya pembuatan produk ini sudah beberapa hari sebelumnya, namun baru hari ini diperkenalkan ke warga karena masih ada beberapa perbaikan dan penyempurnaan." Terang Mia selaku penanggungjawab (PJ) kegiatan itu.
Langkah pertama,  Ikan Cakalang dicuci bersih lalu direbus hingga matang. Setelah matang ikan ditiriskan dan kaldu ikan tersebut disisihkan. Sembari menunggu rebusan ikan matang, haluskan bumbu-bumbu yang akan dibuat untuk abon.
Setelah penirisan, ikan lalu digoreng hingga kecoklatan kemudian dagingnya disuir-suir. Pisahkan daging dari bagian kepala dan tulangnya. Selanjutnya masak bumbu yang telah dihaluskan dan campur dengan kaldu ikan hingga setengah matang lalu masukkan suwiran daging ikan cakalang. Masak sampai tidak terdapat kandungan air pada ikan tersebut.
Terakhir masukkan abon kedalam kemasan (cup) lalu tambah bawang goreng sesuai dengan selera masing-masing. Para warga terutama ibu-ibu tertarik mengikuti acara pengenalan dengan menunjukkan proses pembuatan tersebut dan mengapresiasi produk makanan yang dibuat serta mencicipi abon yang telah selesai dibuat.
Wiwin, salah satu anggota PKK merupakan peserta paling antusias pada sosialisasi produk unggulan karena memang ia memiliki minat untuk mengolah hasil tangkapan ikan Cakalang yang biasanya hanya dijual segar.

"Sebelumnya tidak terpikirkan untuk buat abon dari Cakalang, apalagi bahannya mudah dan juga pengemasannya pun sederhana tetapi sangat menarik. Di sini kalau sudah musimnya hasil tangkapan dan ikan melimpah, ikan-ikan itu sering rendah harganya karena banyak saingan dari pedagang lain yang juga jualan ikan dalam bentuk segar. Kalau tetap dijual harga agak tinggi bisa kalah laku sama penjual ikan Cakalang lain." ungkap Moh. Sahril, salah satu perangkat Desa Labuhan.
Warga desa teredukasi sekaligus mendapat inspirasi untuk mengolah potensi yang ada di desa. Selain dapat dikonsumsi sendiri, makanan hasil olahan abon Cakalang ini sangat berpotensi juga untuk dijual secara luas. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+62 822 5751 6207

Address :

4X7V+VCR, desa Labuhan, Kec. Sepulu,
Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154

Email :

aril17603@gmail.com