Monday, January 16, 2023

Edukasi Jenis - Jenis Sampah di UPTD SDN Labuhan
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T Kelompok 35) Universitas Trunojoyo Madura mengadakan program kerja mengajar di Lembaga Sekolah tepatnya UPTD SDN Desa Labuhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2023 pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Sasaran dari kegiatan ini yaitu peserta didik kelas 2 sebanyak 16 anak melalui pembelajaran secara tatap muka. Topik yang akan diangkat kali ini ialah Edukasi Jenis-Jenis Sampah Pada Anak. Program kerja ini dikemas dengan menarik melalui penayangan Video Edukasi dan Media Pembelajaran sehingga memberikan kesan terhadap anak-anak untuk selalu bertanggung jawab dalam mengelolah sampah.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Kharisma Nur Rochmawati atau biasa dikenal dengan Kak Risma salah satu anggota dari KKN-T Kelompok 35 kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar membentuk perilaku anak sejak dini dalam membedakan jenis-jenis sampah sehingga anak terbiasa memilah dan menempatkan sampah pada tempatnya, peluang dalam kegiatan kali ini adalah anak akan lebih mudah dalam mengelola sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah.


Aktifitas pagi itu dimulai dengan pengenalan jenis-jenis sampah melalui penayangan  video edukasi. Anak diperkenalkan dengan macam-macam jenis sampah yakni sampah organik, sampah anorganik, sampah B3. Sampah Organik merupakan sampah yang mudah terurai dengan sendirinya contohnya yakni kotoran hewan, ranting pohon, daun kering, kulit buah, sisa sayur, daging atau tulang ayam. Sampah organik ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kompos untuk membantu tanaman agar tumbuh dengan baik. Sebaliknya, sampah anorganik merupakan sampah yang sulit untuk diuraikan kembali contohnya yakni botol plastik, katong plastik, kemasan kaleng, botol kaca, karet ban. Sampah anorganik ini dapat dimanfaatkan menjadi bahan daur ulang. Sampah B3 adalah sampah yang mengandung zat beracun dan berbahaya baik bagi manusia maupun lingkungan contohnya yakni cairan pembersih, baterai, kaleng airoson obat nyamuk. Sampah B3 ini dapat didaur ulang namun harus ada penanganan khusus oleh ahlinya.

Setelah mendapatkan edukasi jenis-jenis sampah melalui penayangan video pembelajaran anak diberikan kesempatan untuk praktek mengelompokan jenis-jenis sampah sesuai dengan tempatnya menggunakan media pembelajaran yang sudah dipersiapkan. Sebelum Aktifitas pagi ditutup, pemateri melakukan refleksi kegiatan guna anak lebih mengingat dan memahami pembelajaran serta tidak lupa pemateri memberi reward atau apresiasi bagi anak yang berani untuk praktek maju kedepan.



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+62 822 5751 6207

Address :

4X7V+VCR, desa Labuhan, Kec. Sepulu,
Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154

Email :

aril17603@gmail.com