Monday, January 2, 2023

Kolaborasi Penanaman 2000 Mangrove dengan Mahasiswa Program Pertukaran Pelajar Universitas Trunojoyo Madura

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN Kelompok 35) Universitas Trunojoyo Madura menggelar kegiatan Menanam 2000 Mangrove didaerah Pantai Karang Desa Labuhan Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan yang berkolaborasikan dengan mahasiswa yang melakukan program pertukan pelajar oleh universitas trunojoyo madura. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2022 dimulai pada pukul 9 sampai 12 pagi. Desa Labuhan telah lama dikenal dengan Taman Wisata Mangrovenya, lahan sepanjang pesisir pantai yang ditanami mangrove telah lama dikelola menjadi kawasan wisata yang hingga saat ini sudah ada 2 kawasan wisata di Desa Labuhan ini yakni kawasan Taman Mangrove di sebelah timur dan Wisata Edukasi Mangrove disebelah barat yang dulunya dikenal dengan Pantai Karang. Pengelolaan mangrove yang tepat dijadikan sebagai tempat wisata menjadi sumber daya dan sebagai sarana pengembangan UMKM penghasilan warga setempat, selain itu juga hal tersebut terus dikembangkan dengan tujuan untuk mengurangi pengikisan pantai  akibat abrasi. 

Progam kegiatan pengabdian yang dilakukan didaerah pesisir Pantai Karang ini dengan harapan dapat membantu menghalau ombak dan mencegah terjadinya pengikisan pantai (abrasi) di pesisir pantai Labuhan. Proses penanaman mangrove dipandu oleh Bapak Sahril selaku kepala pengelola Wisata Edukasi Mangrove Barat. Kegiatan diawali dengan proses pengambilan buah bibit mangrove yang sudah siap tanam. Buah bibit mangrove dipetik langsung dari pohonnya untuk kemudian dikumpulkan dalam wadah kantong plastik atau karung. Harga satuan bibit mangrove di pasaran menurut Bapak Sahril mencapai Rp. 1000,00 sampai Rp. 2000,00 perbiji. Selanjutnya bibit-bibit yang telah terkumpul tersebut dibawa ke tempat lahan penanaman. Pesisir yang digunakan sebagai lahan tanam juga tidak sembarangan. Dipilih daerah dengan tingkatan tanah yang tidak terlalu berpasir dan tidak keras agar bibit yang ditanam dapat menancap kuat saat tumbuh di tanah dan tidak mudah hilang hanyut terbawa ombak dan juga hal ini dilakukan dengan memeprhatikan kebutuhan dan jenis mangrove yang akan ditanam.

Melihat banyaknya pengunjung yang datang sebagian besar dari kalangan pelajar SMP, SMA maupun Mahasiswa menjadikan inovasi bagi kami pihak pengelola untuk mencoba merealisasikan Wisata Edukasi Petik dan Tanam Mangrove dikemudian hari sebagai wahana edukasi dan penelitian Ujar Bapak Sahril.

Harapan kedepannya dengan adanya kegiatan pengabdian penanaman 2000 mangrove ini dapat melestarikan tanaman mangrove untuk mencegah abrasi sekaligus membantu mengangkat perekonomian warga melalui wisata desa. Dengan lebih banyak tanaman mangrove yang tertanam maka akan semakin terus meluas daerah yang tertanami oleh mangrove. Sehingga berpotensi untuk dikembangkan lagi menjadi kawasan wisata edukasi mangrove yang lebik dan lebih maju lagi kedepannya.


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+62 822 5751 6207

Address :

4X7V+VCR, desa Labuhan, Kec. Sepulu,
Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154

Email :

aril17603@gmail.com