Friday, January 13, 2023

Pelatihan Pembuatan Design dan Sosialisasi Digital Marketing
    Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN Kelompok 35) Universitas Trunojoyo Madura menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Design dan Sosialisasi Digital Marketing yang bertempat di Aula Taman Mangrove Desa Labuhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 08 Januari 2023 yang dimulai pada pukul 8 sampai 11 pagi. Pada Desa Labuhan ini sudah terdapat website untuk menjual atau memasarkan produk produk mereka, bahkan produk desa yang lain. Jadi banyak permintaan dari desa desa yang lain untuk menitipkan penjualan produk mereka pada website desa labuhan ini. Akan tetapi, walaupun desa labuhan ini sudah mempunyai website sendiri yang sudah cukup baik tetapi mereka belum mahir dalam hal yang berkaitan dengan design. Jadi website dari desa labuhan sendiri belum memiliki logo dan juga dalam pembuatan brosur mereka masih mengandalkan dari orang lain. Maka dari itu, tujuan kegiatan ini diadakan adalah untuk memberikan masyarakat desa labuhan dalam pembuatan design yang bisa berguna dalam pembuatan logo, brosur, dan mengaplikasikannya dalam website atau sejenisnya.


Pemateri dalam kegiatan ini adalah Moh. Sabilul Alif Al Anwari sebagai pemantik Desain Grafis dan Ryan Sutan Wijaya sebagai pemantik digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan yakni sebagai sarana penunjang perkembangan proses marketing UMKM masyarakat Bangkalan, khususnya di Desa Labuhan.
 
Nur Muflikhun atau biasa disapa Muflik sebagai Ketua Abdimas UTM mengatakan, “Di era perkembangan teknologi yang semakin berkembang, perlu diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia mumpuni. Karena itu, UTM memberikan keterampilan membuat design seperti tujuan dari Abdimas sendiri sebagai sarana penunjang UMKM daerah,” ungkapnya.
 
Dia pun menambahkan, “Program ini di laksanakan dengan penggunaan bahasa dan perangkat yang cukup ringan dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga harapan kedepannya dengan adanya program ini, mampu terciptanya pelaku UMKM, terutama di Desa Labuhan sendiri dapat melakukan proses pembuatan souvenir. Serta, dapat memperluas ruang lingkup bisnis dalam rangka menuju kemandirian desa,” imbuhnya. Kemudahan itu dapat dirasakan oleh semua kalangan pelaku UMKM yang mampu membuat design dengan mudah. Dan keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang tidak menjadi penghalang, termasuk bagi untuk masyarakat pelaku UMKM. 

Muflik menyampaikan bahwa, “Karena itu, Abdimas UTM yang beranggotakan 14 mahasiswa dari berbagai Prodi dan Fakultas yakni: Prodi Sistem Informasi, Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik, Prodi Sasing Fakultas FISIB, Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, Prodi PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, beserta Dosen Pembimbing Lapangan, Khoirul Umam S.T.,M.T yang Memberikan pelatihan Design Grafis dan sosialisasi digital marketing pada Masyarakat Pelaku UMKM,” ungkapnya. Pelatihan diawali dengan memberikan penjelasan tentang design, manfaat, dan seberapa jauh masyarakat mampu membuat design. 

Pelatihan design yang menggunakan bahasa dan perangkat yang cukup ringan dan sesuai kebutuhan. Selanjutnya, sambung Muflik sebagai Ketua kelompok, “Program ini ada, karena kelompok pengabdian ingin menjawab kerisauan Bapak Syahril selaku pihak penanggung jawab wisata atau POKDARWIR (Pengukuhan Kelompok Sadar wisata), yang mana beliau merisaukan mengenai penjualan dan design souvenir yang selalu membayar jasa dalam pembuatan desainnya,” ungkapnya. 

Dia pun menambahkan, “Ada beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini yakni admin bakaoo.id dari Desa Labuhan dan juga anggota dari karang taruna,” imbuhnya. 

Terakhir, Muflik menyampaikan harapannya setalah diadakannya pelatihan ini, “Di era teknologi yang semakin berkembang, semua orang dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan cara mengembangkan soft skill seperti design dan digital marketing. Dengan cara seperti itu, keterbatasan masyarakat pelaku UMKM ini dapat menjadi jalan keluar dan dapat menjadi poin tambahan bagi setiap individu pada masa mendatang,” pungkas Ketua Tim Abdimas Universitas Trunojoyo Madura ini.






Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+62 822 5751 6207

Address :

4X7V+VCR, desa Labuhan, Kec. Sepulu,
Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154

Email :

aril17603@gmail.com